6 Ide Kegiatan Bermanfaat untuk Mengisi Liburan Sekolah

Sunday, November 13, 2022


Halo! Gak kerasa ya kita hampir sampai di penghujung tahun 2022. Bentar lagi Desember yang artinya??? Yak, libur sekolah anak aka high season alias bakalan rame tuh segala penjuru destinasi wisata se-Indonesia! 

Siapa di sini yang udah puyeng duluan ngebayangin euforia liburan? Sebagai orang dewasa mageran, rasanya udah paling bener pas liburan ngetem di rumah aja. Etapi buat yang punya anak, kadang suka mati gaya gak sih mau ngapain aja kalo di rumah? Khususnya buat ortu yang pengen no gadget-gadget club. 

Aku punya beberapa ide nih, barangkali dapat menginspirasi kalian yang sedang membutuhkan referensi. 

Menonton Film
Nonton film (di rumah) bisa jadi opsi utama hiburan murah dan mudah. Anak-anak biasanya gemar menonton film mulai dari animasi hingga dokumenter tentang hal-hal yang mereka minati. Ortu bisa nonton bareng anak atau biarkan anak menonton filmnya sendiri. Pastikan film yang hendak ditonton sudah sesuai dengan nilai-nilai yang dianut keluarga ya. 

Saat nonton bareng, biasanya ortu dan anak berdiskusi sepanjang film diputar. Sementara bila anak menonton film sendiri, minta anak menceritakan ulang film tersebut. Dengan begitu, kegiatan menonton film dapat menjadi cara meningkatkan komunikasi dan bonding antara ortu dengan anak. 

Memasak Bersama
Memasak merupakan salah satu life skill yang baik untuk dikenalkan sejak dini, tidak memandang gender alias baik untuk anak laki-laki dan perempuan. Ortu bisa memasak menu-menu sederhana yang disukai anak seperti kimbap, omelette, puding, dan lain sebagainya. 

Ketika memasak bersama, anak dapat belajar mengenai proses mengolah makanan dan berbagi tugas dalam proses memasak. Hargai proses belajar anak yang tidak sempurna sehingga terimalah apapun hasil masakan yang telah dibuat oleh sang anak. 😂 *yang penting masih bisa dimakan lah ya wkwk*

Piknik di Taman/Halaman Rumah
Ketika bosan dengan suasana rumah namun gak mau keluar duit banyak, piknik adalah solusinya! Tinggal gelar tikar dan bawa camilan sendiri, jadi deh. Apalagi kalau pikniknya di area dengan pemandangan indah, rasanya semakin menyenangkan. 

Semisal enggak bisa piknik ke mana-mana, coba aja gelar tikar di rumah dan ajak anak seolah lagi piknik di manaaa gitu. Siapkan beberapa camilan lalu ajak anak bermain permainan interaktif seperti tebak-tebakan, ABC 5 dasar, bermain board game, dan lain sebagainya. 

Melakukan Eksperimen Sains
Anak-anak biasanya memiliki rasa penasaran tinggi dan senang bereksperimen. Untuk memfasilitasi hal tersebut, ortu bisa ajak dan dampingi anak untuk melakukan eksperimen sains. Bisa tuh browsing ide bareng anak, lalu pilih kira-kira mau melakukan eksperimen yang mana. Jangan lupa berikan juga penjelasan ilmiahnya ya. 

Membuat DIY Project
DIY alias Do-It-Yourself. Sederhananya ya semacam kerajinan yak, namun dapat diartikan lebih luas sebagai apapun hasil kreasi sendiri. Misal, membuat kreasi album foto ala-ala scrapbook, menjahit baju boneka, dan lain-lain. 

Bisa juga, ortu mengajak anak berkreasi memanfaatkan limbah/sampah untuk didaur ulang. Kan bagus tuh dalam rangka menyemarakkan gaya hidup ramah lingkungan. 

Berkunjung ke Rumah Saudara
Menyambung tali silaturahmi tidak harus menunggu momen lebaran ya ges ya. Apalagi yang kerabat/sanak saudaranya tinggal tidak jauh dengan kita. Agar hubungan kekerabatan semakin dekat, ajak anak untuk senantiasa berhubungan dengan keluarga besarnya. 

Semisal tinggal berjauhan pun coba jadwalkan video call dan libatkan anak dalam berkomunikasi dengan mereka. 

Kira-kira itu sih 6 ide kegiatan bermanfaat untuk mengisi liburan sekolah yang dapat aku bagikan. Kalian ada ide lain nggak? Atau ada yang mau berbagi pengalaman? Boleh yuk share di kolom komentar! 

1 comment

  1. Ini sesuai banget digunakan mengisi waktu luang sekaligus dijadikan refreshing daripada cuma rebahan sambil scroll media sosial. Akan lebih menyenangkan untuk melakukan hal-hal bermanfaat ini daripada bosan dan males gerak bermain ponselnya. Bisa dicoba, nih, terima kasih sharingnya!

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya. Untuk saat ini, komentar saya moderasi dulu ya. Saya suka baca komentar kalian namun mohon maaf saya tidak selalu dapat membalasnya. Untuk berinteraksi atau butuh jawaban cepat, sapa saya di Twitter @hildaikka_ saja!