Rekomendasi Produk Skincare untuk Pemula


Akhirnya rilis juga nih posting-an tentang rekomendasi produk skincare untuk pemula! Soalnya nggak sedikit temenku yang tertarik untuk merawat wajah tapi bingung mulai dari mana. Jatohnya malah pake facial wash sama pelembap aja hmmm.

Nggak cuma itu, aku sering juga ditanyain soal serum X yang populer khasiatnya (entah mencerahkan atau meredakan jerawat), kira-kira oke nggak. Jangankan jawab, langsung aku todong pertanyaan, “Hayo kamu biasanya pake skincare apa? Udah rutin, belom?”

Iya, salah satu kesalahan terbesar pemula tuh nyobain produk skincare aneh-aneh namun nggak menerapkan basic skincare. Jadi mereka kayak suka pake serum ini-itu tapi nggak rajin bersihin muka, jarang pake pelembap, apalagi pakai sunscreen. Wajar kalo hasilnya nggak bisa maksimal.

Maka dari itu, aku pengen mengedukasi temen-temenku yang belom mengerti dan tertarik menuju kulit sehat terawat melalui postingan ini. Aku bakal jelasin tahapan dan produk apa aja sih yang HARUS kita terapkan secara rutin.

Secara garis besar, ada 2 jenis skincare routine, day/night skincare routine dan weekly skincare routine.

Day/Night Skincare Routine

Cleansing

Soal membersihkan wajah ini nggak bisa dianggap enteng, lho. Hayoo siapa yang masih suka bolos bersihin muka sebelum tidur? Jangan mecucu kalo jerawat suka datang dan pergi atau kondisi wajah ya gitu-gitu aja. Sekali pun pake serum X seublek kalo wajah gak bersih tuntas, ya gak bakalan ngefek.

Saat membersihkan wajah, setidaknya kita perlu 2 tahapan alias double cleansing. Pertama, untuk mengangkat minyak dan kotoran di wajah. Kamu bisa pakai micellar water, milk cleanser, cleansing oil, cleansing balm, dan sejenisnya. Baru yang kedua, cuci muka menggunakan facial wash.

Double cleansing ini wajib hukumnya yaa apalagi tiap sebelum tidur. Kalo di pagi hari, aku biasa sekali aja pakai facial wash atau micellar water. Karena kan kita berangkat tidur dalam kondisi bersih (udah skincare routine) jadi cleansing sekali ya cukup.

Saranku, bersihin muka pakai facial wash maksimal 2x sehari ya. Kalo keseringan dikhawatirkan mengangkat minyak alami wajah sehingga kulit wajahmu bakal memproduksi minyak berlebih.

Produk cleansing favoritku: Viva Milk Cleanser, Biore Cleansing Oil, Ovale Micellar Cleansing Water. Kalo lagi pake heavy makeup aku sering pake Biore Cleansing Oil soalnya cepet. Tenang, pakai cleansing oil gak bikin wajah makin berminyak kok. Justru makin bersih mengangkat kotoran wajah.

Rekomendasi Produk Skincare untuk Pemula

Toning

Selesai cuci muka ya jangan langsung ngibrit. Kondisi kulit wajah kita cenderung kering dan pH-nya rendah setelah cuci muka. Untuk itu kita perlu toning menggunakan toner. Ada 2 jenis toner: exfoliating dan hydrating. Yang wajib, ya hydrating toner.

Exfoliating toner di-skip dulu, pakainya ntar aja kalo udah khatam dan pro basic skincare routine.

Hydrating toner termurah yang aku tahu ya air mawar, contohnya keluaran Viva dan Mustika Ratu. Tapi di aku kurang nampol. Sejauh ini yang udah aku coba cuma 2, yaitu Secret Key Snail Repairing Toner dan Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion. Keduanya sama-sama memuaskan sih! Bikin kulit segar dan terasa kenyal.

Rekomendasi Produk Skincare untuk Pemula

Moisturizer

Setelah kulit wajah terhidrasi, kita perlu mengunci kelembapannya dengan moisturizer atau pelembap. Karena kulit lembap adalah kunci kulit sehat dan makeup awet, aku biasa pakai 2 jenis moisturizer.

Pertama, moisturizer yang konsistensinya cenderung cair kayak Sensatia Botanicals Facial C-Serum. Ini moisturizer andalanku lho, udah repurchase pula. Karena kandungan alkoholnya sangat sedikit dan merupakan vegan skincare.

Kedua, moisturizer yang teksturnya lebih thick. Ini aku terserah sih, pernah pakai Pixy White Aqua Gel Day Cream sampai habis dan ngerasa cocok. Selanjutnya coba pakai Safi White Expert Illuminating Day Cream juga oke.

Rekomendasi Produk Skincare untuk Pemula

Sunscreen

Ada yang udah panik akan penuaan dini? Well, nggak usah terburu-buru memakai produk anti aging. Rutinin dulu pakai sunscreen! FYI, sunscreen itu produk anti aging paling dasar dan murah tentunya.

Kok bisa? Karena sunscreen kan berfungsi untuk menangkal cahaya matahari yang mengandung UVA (yang menyebabkan aging) dan UVB (meningkatkan pigmentasi kulit).

Yang salah pada mindset orang-orang adalah pakai sunscreen cuma pas mau berenang atau ke pantai aja. Hellooo, kita kena cahaya matahari kan nggak cuma pas berenang dan ke pantai, kan? Literally setiap hari lho, sekali pun di dalem rumah.

So, pakai sunscreen itu wajib! Fardhu ‘ain karena ini tahapan pamungkas dalam skincare routine pagi. Untuk skincare routine malam, skip bagian ini.

Sunscreen favoritku tuh Emina Sunscreen Protection! Harganya murah meriah jadi ramah kantong pelajar, eh ibu rumah tangga. Selain itu sunscreen dari Wardah juga oke kok.

Rekomendasi Produk Skincare untuk Pemula

Weekly Skincare Routine

Exfoliating

Setiap minggu, lakukan eksfoliasi 2-3 kali untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Ada 2 jenis eksfoliator; physical dan chemical. Untuk pemula aku sarankan pakai physical dulu soalnya kalo pake chemical agak rumit soal komposisi dan aturan pemakaiannya.

Physical exfoliator tuh ya kayak scrub gitu lho. Saat ini aku pake Freeman Polishing Charcoal Black Sugar Gel Mask + Scrub. Butiran scrub-nya sungguh nampol untukku yang suka ‘dikasarin’.

Kalo kamu kurang nyaman dengan butiran scrub yang kasar, aku rekomendasiin buat coba Safi White Expert Deep Exfoliator. Butiran scrub-nya cukup kerasa dengan tekstur agak cair sehingga gak terlalu bikin sakit.

Masking

Untuk masker ini beragam ya varian produknya. Ada yang clay, sheet, peel-off, wash-off, dan lain sebagainya. Kamu bebas mau pilih jenis apa sesuai kebutuhan kulit.

Kalo aku saat ini demen pakai Sensatia Botanicals Acne Clarifying Charcoal Mask. Efeknya di aku wajah jadi kerasa bersihan dan cerah. Bisa meredakan jerawat juga.

Rekomendasi Produk Skincare untuk Pemula

Jadi kesimpulannya, rekomendasi produk skincare untuk pemula ya meliputi cleanser (first dan second cleanser), hydrating toner, moisturizer, sunscreen, exfoliator, dan masker. Semua ragam produk ini bisa kamu temukan di Shopee, lho! Hampir 90% produk skincare dan makeup yang kupakai saat ini kubeli lewat Shopee semua karena aku pecinta gratis ongkir! Hihi.

Pesanku, rutinin dulu basic skincare ini baru nyobain produk aneh-aneh kayak serum, essence, atau exfoliating toner. Karena permasalahan kulitmu saat ini bisa jadi karena nggak terawat aja. Contohnya aku dulu ngira wajahku jerawatan. Eh ternyata setelah menerapkan basic skincare routine, wajahku gak gampang jerawatan melainkan kombinasi normal-berminyak.

Berarti aku dulu tuh gampang jerawatan karena nggak rajin bersihin dan ngerawat muka! 😂

Ayok yang mau menerapkan basic skincare routine, kamu bisa belanja rangkaian produk skincare di Shopee ya! Langgananku sih di @jelitacosmetic dan @mutiara_cosmetics . Kalo kamu?

Menuju #2019GlowingManjah,
-Hilda Ikka-

7 comments

  1. Dulu ngerasa aman pakai moisturizer dengan UV. Setelah kenal Female Daily dan blog walking beauty blogger, sunscreen dipakai terpisah lebih baik untuk kulit. Sunscreen sama pentingnya dengan krim-krim lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa sekalipun aku pake moisturizer ber-SPF, tetep aku timpa sunscreen 😁

      Delete
  2. Dulu juga kulit wajahku normal, tapi karena ga tau cara merawatnya eh malah jadi sensitif-oily acne prone. Bukan karena ga dirawat sih, tapi karena ga tau cara yang benar aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya yaa, makasih sharingnya, mau aku tambahin di postingan

      Delete
  3. Huaaaa bagus tulisannya, Ikka. Emang kadang masih ada yang bingung basic skincare itu apa aja. Tapi di sini kamu jelasin lagi sama yang weekly skincarenya. Kereen :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duuuuh apalah aku dibanding tulisanmu Mbaaaak, malah aku yang belajar banyak darimu 😍

      Delete
  4. klo abis pake scrub trs dilanjut pake masker boleh ga mbak?

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya. Maaf untuk link hidup akan otomatis terhapus. :)

I love to read all comments from you all, but sorry if I can't answer all. :)

Sexy Red Lips