Semakin Yakin Berinvestasi di Reksadana Syariah Manulife


Tulisan ini merupakan seri ketiga dari hasil menimba ilmu di #KopdarInvestarianMAMI, Untuk tulisan pertama, silakan baca – Reksadana: Karena Nabung Aja Enggak Cukup!
*

Semenjak melek finansial, aku setuju banget kalo investasi itu penting dan harus dilakukan sedini mungkin. Apalagi setelah berkenalan dengan reksadana yang minim risiko dan mudah untuk pemula. Nggak jarang aku pun ngajak teman-teman sepergaulan untuk berinvestasi di reksadana.

Namun ada satu-dua orang yang menolak karena… tidak ingin tercampur dengan hal-hal riba. Well, gak salah sih. Memang kalau dilihat dari kacamata syariat Islam, praktik reksadana konvensional sifatnya syubhat (tidak jelas halal – haramnya).

Ngomong-ngomong di zaman sekarang yang bank syariah udah jamak beroperasi di mana-mana, bukan nggak mungkin lho kita dapat berinvestasi di reksadana syariah. Sadar akan kebutuhan ini, Manulife pun menyediakan 4 produk reksadana syariah terbaik yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan.

Di postingan sebelumnya, aku sudah menyinggung 4 jenis reksadana berdasarkan idealnya jangka waktu berinvestasi, yakni Reksadana Pasar Uang, Reksadana Pendapatan Tetap, Reksadana Campuran, dan Reksadana Saham. Nah berikut produk reksadana syariah Manulife yang tersedia berdasarkan jenisnya:

1. Reksadana Pasar Uang – Manulife Dana Kas Syariah
2. Reksadana Pendapatan Tetap – Manulife Syariah Sektoral Amanah, Syariah Sukuk Indonesia
3. Reksadana Saham – Manulife Saham Syariah Asia pasifik Dollar

Kenapa Berinvestasi di Reksadana Syariah Manulife?

Aku pernah nemu sentilan di Twitter yang berbunyi, “Banyak orang yang amat menjaga kehalalan makanan namun tidak memperhatikan kehalalan sumber penghasilan/harta. Padahal dua-duanya sama masuk ke perut.”

Woo ya tersentil dong yah.

Makanya bagi sebagian orang (termasuk diriku), mencari penghasilan ataupun berinvestasi tuh bukan hanya soal mengumpulkan sebanyak-banyaknya. Ada keberkahan yang turut kami harapkan. Ketika suatu harta/rezeki itu berkah, berapa pun besarnya akan selalu terasa cukup.

Salah satu cara untuk meraih keberkahan yakni dengan menghindari hal-hal yang bersifat syubhat. Dalam hal syubhat, tentu ada kemungkinan tercampur dari hal-hal sebaiknya dihindari sesuai syariat Islam.

Beruntung Manulife dapat memfasilitasi kita yang ingin berinvestasi reksadana dengan pengelolaan secara syariah. Seperti apa pengelolaannya?

Adanya kejelasan akad (Wakalah Mudharabah)

Reksadana syariah adalah reksadana yang beroperasi menurut ketentuan dan prinsip syariah Islam, baik dalam bentuk akad antara pemodal sebagai pemilik harta (shahib al-mal/Rabb al Mal) dengan Manajer Investasi sebagai wakil shahib al-mal, maupun antara Manajer shahib al-mal dengan pengguna investasi

Para pemodal secara kolektif mempunyai hak atas hasil investasi reksadana. Pemodal berhak atas bagi hasil sampai saat ditariknya kembali penyertaan tersebut

Terdaftar di Daftar Efek Syariah (DES)


  • Perusahaan terbuka yang memenuhi kepatuhan syariah
  • Lolos seleksi oleh OJK & Dewan Syariah Nasional MUI
  • Memiliki rasio keuangan: – Total utang kurang dari atau sama dengan 45% total aset, – Total pendapatan bunga dan pendapatan tidak halal kurang dari sama dengan 10% dari total pendapatan usaha
  • Efek diterbitkan sesuai dengan akad syariah, sesuai peraturan terkait penerbitan efek syariah

Unit Pengelolaan Investasi Syariah untuk Pengawasan Sistem Syariah


  • Pengawasan Pengelolaan Investasi oleh Dewan pengawas Syariah (DPS) yang direkomendasikan oleh Dewan Syariah Nasional (DSN) dan memiliki izin Ahli Syariah Pasar Modal (ASPM)
  • Penempatan hanya pada Instrumen yang terdaftar pada Daftar Efek Syariah
  • Proses cleansing pada Reksadana Syariah

MAMI selaku Manajemen Investasi yang Kredibel


  • Memiliki ijin sebagai Pihak Penerbit Efek Syariah
  • Terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa keuangan (OJK)


Gimana? Yakin aman dan terpercaya kan? Sekaligus insya Allah berkah. Aku sendiri semenjak kenal reksadana Manulife, langsung coba praktik di Manulife Dana Kas Syariah. Masih dikit sih nominalnya hehe. Sejauh ini hasil keuntungannya amat stabil meski tidak banyak. Ya wajar karena kan aku naruhnya di Pasar Uang. Tapi ini sudah cukup banget daripada ditaruh di bank yang tiap bulan ambles kena biaya administrasi.


Kalo kamu berminat berinvestasi reksadana syariah di Manulife, bikin akun di klikMAMI.com ya. Nanti jangan lupa masukin kode ‘HILDAF34’ di kolom referral.

Salam investasi,
-Hilda Ikka-

2 comments

  1. Karena penasaran dan ingin tahu, aq jadi ikut ikutan investasi reksa dana. Alhamdulillah hasilnya ternyata lumayan juga walaupun tidak besar

    ReplyDelete
  2. Baru tau ternyata di investasi ada yang namanya Syariah juga. Ini ikut ikutan tren atau emang ada kesadaran??

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya. Maaf untuk link hidup akan otomatis terhapus. :)

I love to read all comments from you all, but sorry if I can't answer all. :)

Sexy Red Lips