Pengalaman Kirim Paket Sehari Sampai Pakai Paxel


Hidup di era serba mudah dan cepat ini, tentu kita akrab sekali dengan aktivitas belanja online. Dampaknya, hal ini dibarengi pula dengan meningkatnya jumlah jasa pengiriman/ekspedisi/logistik. Gak cuma itu, jasa pengiriman ini turut berinovasi untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Salah satunya yakni Paxel, yang menyediakan jasa pengiriman sehari sampai!

Kirim Paket Pakai Paxel, Dijamin Sehari Sampai!

Ngomong-ngomong kalo ada temen yang punya usaha, biasanya kita bakal bantu ngelarisin, kan? Kayak temenku nih, sebut aja Nissa. Deseu jualan frozen food berupa rujak cireng. Selama ini aku kalo beli cuma pas kumpul arisan ama dia. Di luar agenda itu gak bisa, karena rumahnya jauh bok. Kalo dikirimin pake ojek, berat di ongkos cyin…

Pernah juga lihat IG story temen lagi ngemall. Ternyata ada promo/diskonan barang yang aku incer. Mau titip beli tapi bingung ngambilnya karena ya itu, rumahnya jauh dan kami jarang ketemu. Walhasil gak jadi nitip. ☹

Alhamdulillah ya sekarang udah ada Paxel, jadi masalah-masalah di atas bisa teratasi berkat kehadiran Paxel. Apa itu Paxel?

Paxel adalah jasa pengiriman berbasis aplikasi yang menawarkan sameday delivery alias kirim paket sehari sampai. Jadi untuk menggunakan jasa Paxel, unduh dulu ya aplikasinya di Apps Store atau Play Store.

Kamis lalu (14/02) aku menghadiri acara launching Paxel di Satu Atap Coworking Space Surabaya. Nama Paxel merupakan singkatan dari “pax” yang berarti package/people = paket/orang dan “excellent” yang artinya luar biasa.

Pak H. Djohari Zein selaku Executive Advicer Paxel menuturkan bahwa Paxel tidak hanya sekadar mengirimkan paket, namun juga mengantarkan kebaikan. Yang aku suka, Paxel bahkan berusaha mengangkat derajat profesi kurir yang biasanya dipandang sebelah mata. Itu sebabnya kurir Paxel disebut Happiness Hero.

Selain itu Pak Djohari menyampaikan, Paxel memiliki sistem penyimpanan loker yang tersebar di beberapa titik sehingga dapat meringankan pekerjaan Hero. Jadi untuk jarak pengiriman paket yang melebihi 10 KM akan di-drop di loker untuk diantarkan oleh Hero lain. Semacam estafet gitu.

Bryant Christanto, Co Founder Paxel menambahkan, sistem-sistem loker yang dibangun sebagai tempat penyimpanan menjadikan proses pengiriman lebih efektif dan efisien.




Pengalaman Mengirim Paket Menggunakan Jasa Pengiriman Paxel

“Astaghfirullah… Sepurane Mbak, aku lali (maaf Mbak, aku lupa),” seruku pada Mbak Amma seraya menoyor jidat.

Padahal aku udah janji buat bawain titipan skincare Mbak Amma, tapi lupa. Parahnya lagi, ini kali kedua aku lupa bawa titipannya. Nggak heran kalo Mbak Amma jadi gemes-gemes gimana gitu sama aku yang pelupa ini. 😅

“Yaudah bawain pas acara blogger berikutnya,” kata Mbak Amma pasrah. Aku jadi nggak enak hati, secara acara blogger berikutnya masih bulan depan.

Pucuk dicinta ulam pun tiba. Selang beberapa hari, aku berkenalan dengan Paxel. Gak pake mikir panjang, langsung aku unduh aplikasinya. Apalagi ada iming-iming gratis saldo Rp100.000,- untuk pengguna baru.

“Mbak, aku kirim barangnya pake Paxel ya,” bunyi pesanku di chat WA yang kemudian diiyakan oleh Mbak Amma.

Untuk mengirim paket, mula-mula aku klik tombol “CREATE SHIPMENT” di bagian paling bawah.


Kemudian aku isi alamat pengirim dan penerima. Oya, terkadang alamat yang tersedia di kolom cuma nama jalannya saja. Misal, Jalan Bali No. 17 namun di peta cuma tersedia Jalan Bali. Nggak papa pilih aja alamat yang muncul. Nanti detail nomor rumah hingga ciri-ciri khusus bisa dicantumkan di kolom bawahnya.


Selanjutnya aku pilih ukuran paket yang akan aku kirimkan. Tiap ukuran beda tarif pengiriman, tapi tetap flat kok ke mana pun tujuannya.

Ukuran kecil (20x11x7 cm) tarifnya Rp18.000.
Ukuran sedang (30x20x12 cm) tarifnya Rp21.000.
Ukuran besar (35x30x20 cm) tarifnya Rp25.000.
Ukuran custom (ukuran tersendiri) tarifnya akan menyesuaikan.

Berat maksimal setiap paket yakni 10 kilogram. Kalau lebih harus dibagi menjadi 2 paket. Paket yang akan kukirimkan rupanya tergolong ukuran kecil.

Estimasi durasi pengiriman paket maksimal 8 jam lamanya. Bila melebihi waktu tersebut, uang akan dikembalikan.

Selanjutnya data pengirim dan penerima aku review ulang untuk memastikan bahwa kesemuanya telah kuisi dengan benar. Kemudian ada pertanyaan mengenai isi paket. Entah itu dokumen, kosmetik, frozen food, dan lain sebagainya. Adapun jenis kiriman yang dilarang berupa barang beracun, mudah terbakar, senjata berbahaya, cairan, makanan yang mudah basi, hewan hidup dan tanaman.

Begitu selesai, orderanku pun diproses.


Aku membuat pengiriman sekitar pukul setengah 11 siang. Pada pukul 12, Hero pun mengambil paketku. Pada tahapan ini, Hero meminta tanda tanganku secara digital dan mengambil foto diri. Begitu pula penerima, sewaktu menerima paket pun diminta melakukan hal yang sama. Dengan demikian baik pengirim maupun penerima sama-sama mengetahui update mengenai pengiriman lewat aplikasi.

Paketanku diperkirakan tiba di rumah Mbak Amma pukul 6 sore. Rupanya malah tiba lebih cepat, yaitu pukul 4 sore. Sungguh memuaskan!


Mengapa Memilih Kirim Paket Pakai Paxel?

Dari pengalaman tersebut beserta informasi yang aku dapat sewaktu menghadiri launching Paxel, berikut kelebihan dan kekurangan Paxel.

Kelebihan:

1. Pengiriman terjangkau dengan tarif flat dalam kota (dan luar kota tujuan tertentu).
2. Paket dijamin sampai dalam sehari.
3. Tidak ada pembatalan alias semua paket pasti akan diambil + dikirimkan.
4. Tidak ada batasan jarak dan berat paket (maksimal 10 kg).
5. Jaminan uang kembali bila paket tidak diterima dalam estimasi waktu yang ditentukan.
6. Durasi waktu pengiriman 6 – 8 jam.
7. Fleksibel, kita dapat mengirim paket tanpa harus keluar rumah.
8. Transparansi informasi mengenai paket melalui tanda tangan + foto diri pengirim dan penerima.
9. Terdapat layanan sameday delivery tujuan Jakarta dengan tarif flat Rp35.000.


Kekurangan:

1. Ada beberapa titik lokasi di Surabaya yang belum tercover.
2. Layanan Paxel baru tersedia di kota-kota tertentu yakni Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Solo, dan Surabaya. Area yang berbatasan dengan kota-kota tersebut pun belum tercover.

Download Aplikasi Paxel dan Dapatkan Saldo Rp100 Ribu!

Buat teman-teman yang ingin merasakan bagaimana mengirim paket menggunakan layanan Paxel, silakan unduh aplikasinya di Apps Store atau Google Play Store. Pada saat mendaftar/membuat akun, jangan lupa masukkan kode referral ini:

newhildaikka

Nah secara otomatis saldo kamu akan terisi Rp100 ribu! Kamu juga bisa membagikan kode referralmu sendiri ke teman-teman yang lain. Nanti setiap teman yang menggunakan kode referralmu, kamu bakal dapat saldo Rp50 ribu. Lumayan banget, kan?

Selamat mencoba! Selamat mengirim paket menggunakan Paxel!

Paxel-in aja,
-Hilda Ikka-

8 comments

  1. Senangnya bisa kirim2 pakai Paxel, aku masih harus bersabar nunggu Sidoarjo tercover hehe

    ReplyDelete
  2. Praktis banget deh Paxel, tinggal duduk di rumah ga perlu anter ke kantor agen atau perwakilan ekspedisi. Hemat waktu dan hemat biaya karena murah. Duh, jadi mupeng kirim kopi ke pembeli biar sehari sampai. Moga cepet masuk ke Lamongan.

    ReplyDelete
  3. Kalau sama kiriman pakai ojek online, tarifnya lebih murah yang mana Tante?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ukuran barang kecil dan jarak tujuan jauh sih ya mending Paxel hihi

      Delete
  4. Aku lagi cinta bangettt nih ka sama Paxel. Bantu aku bangettt yang lagi merintis online shop. Ambil barang ke agen jadi gampang dan cepet. Super super laaafff lah pokoknya. Semoga Paxel segera menyebar ke seluruh tanah air.

    ReplyDelete
  5. Paxel makin meluas yaa.. di sini tmn2 pakai Paxel utk usaha kuenya. Aku suka misi visi Paxel.. keren

    ReplyDelete
  6. hiks aku wkt itu udh download aplikasinya, trus udh dpt referal code dr temen. eh pas mau dicoba, kirim tas dr jkt ke jogja, ternyata blm kecover areanya :(. jd batal.. vouchernya msh full blm kupake :D. bingung mau anter kemana ��

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya. Maaf untuk link hidup akan otomatis terhapus. :)

I love to read all comments from you all, but sorry if I can't answer all. :)

Sexy Red Lips