Pengalaman & Tips Menonton Raminten Cabaret Show di Jogjakarta


Sebetulnya udah familiar dengan nama Raminten dan pertunjukannya, namun aku nggak pernah benar-benar tertarik untuk ke sana. Nggak sedikit teman nanya, “Eh, kamu gak ke Raminten?” tiap aku bercerita selepas wisata ke Jogja.

Hingga 3 bulan lalu aku suntuk gegara tugas kuliah yang menggila ditambah ada promo tiket KAI, jadilah bertekad liburan ke Jogja! Hahaha. Udah lama banget aku memimpikan liburan berdua suami ke Jogja. Gak berani ngerencanain kapan, eh tau-tau spontan aja pas ada kesempatan.

Di era Instagram yang udah makin inovatif ini, aku memanfaatkan IG story buat nanya pendapat temen-temen enaknya destinasi wisata ke Jogja tuh di mana ya. Trus sama Mbak Meriska (mesikapw.com) disaranin follow @depepedia buat referensi wisata di Jogja.


Suatu ketika Kak Depe nih update IG story nonton pertunjukan Raminten Cabaret. Ternyata Raminten Cabaret Show punya akun IG. Cuss ngecek, rupanya banyak video beberapa pertunjukan yang diupload. Setelah aku lihat-lihat, dari situ aku baru tertarik buat nonton langsung.

Buat yang belum tau, Raminten Cabaret Show itu pertunjukan kabaret dengan kearifan lokal. Pertunjukan kabaret berarti ya isinya nyanyi dan dansa-dansi. Menariknya, pemain kabaretnya ada yang transgender. Bahkan transgender ini mayoritas bintang utama atau drag queen gitu. Macam pertunjukan kabaret di Thailand.


Jadwal Pertunjukan Raminten Cabaret Show

Raminten Cabaret Show ini ada setiap hari Jumat dan Sabtu pukul 19.00 – 20.30 WIB. Berlokasi di Hamzah Batik Malioboro lantai 3 (Oyot Godhong Resto).

Harga Tiket Pertunjukan Raminten Cabaret Show

Harga tiket VIP: Rp115.000,-
Booking via Whatsapp: 087839800040 (Pak Indra), 087839618827 (Pak Agus)
Fasilitas VIP ini dapet tempat duduk dan makanan.

Tips #1: kalo mau pesen tiket VIP pesenlah jauh-jauh hari. Beneran jauuuuuuuh hari. Kalo bisa sebulan sebelumnya LOL. Karena apa? Karena ada yang 2 minggu sebelumnya udah pesen buat 1 rombongan gitu.

Aku terlalu lugu untuk mengikuti saran Kak Depe yang bilang bisa reservasi H-5. Jadinya kehabisan tiket VIP. Padahal aku udah ngerencanain liburan ini H-30 harusnya langsung booking aja gitu huhu. Jadi gengs, booking sangat jauh hari sepertinya sangat tidak apa-apa.

Harga tiket normal: Rp50.000,-
Dibeli on the spot ya.
Bisa duduk kalo ada tempat tapi itu SANGAT JARANG terjadi. Kemungkinan besar berdiri sepanjang pertunjukan.

*

Jujur aku sedih banget pas kehabisan tiket VIP itu. Antara pengen nonton tapi males berdiri dan aku mikir, emang kapan lagi mau ke Jogja berdua? Yaudalah nekat aja. Untung Muffin (suamiku) nggak keberatan.

Hari-H, siangnya kami nongkrong di Epic Coffee & Epilogue Furniture. Di sini aku kopdar bareng Erny (ernykurnia.com) dan Mbak Arum (racunwarnawarni.com). Baru cabut sekitar jam 5 sorean buat cuss ke Hamzah Batik Malioboro.

Otomatis kami maghriban di jalan kan. Jadinya baru bisa nyampe area Malioboro sekitar jam 6 lebih. Itu pun kami buta jalan di malam minggu yang supe rame hiks.

Rute Menuju Lokasi Raminten Cabaret Show

Tips #2: cari jalan tembusan menuju samping Batik Hamzah dan parkir di situ! Ini disaranin Kak Depe sih dan dijelasin juga jalan tembusannya tapi tetep aja aku nggak ngerti maksudnya. Aku cuma bisa ngikutin goole maps dan ujung-ujungnya lewat Malioboro hiks.

(Untuk detail jalan tembusan, cek highlight IG story @depepedia yang berjudul JOGJA)

Akhirnya aku ambil opsi kedua yakni parkir di Benteng Vredeburg. Itu pun sepertinya udah penuh untuk mobil, untung kami berdua naik sepeda motor. Aku lupa parkir di situ bayarnya antara 3 – 5 ribu. Kemudian kami bergegas berlarian menuju Hamzah Batik.

(Ngomong-ngomong, ke depannya pengendara kendaraan bermotor gak boleh melintasi Malioboro. Jadi parkir di Benteng Vredeburg tidak bisa jadi opsi selamanya)

Berusaha lari tapi ujung-ujungnya jalan biasa karena Malioboro penuh manusia! Bahkan masuk Hamzah Batik tabrakan ama orang mulu. Untuk menuju lantai 3, tanya aja pegawai yang ada di situ buat ditunjukin arah ke lift.

Nyampe lantai 3 udah ada mas-mas penjaga ticket box. Pas beli tiket dibilang kalo udah nggak ada tempat duduk, yaudah mau gimana lagi. Mampus dah berdiri selama 1,5 jam.

Begitu masuk, ebuset penuh bener. Tempat duduknya ternyata berupa saung gitu gengs, jadi duduknya lesehan astaga. Kirain duduk di kursi. Aku dan Muffin sempet bingung mau berdiri di mana lha penuh begini.

Well, ada 2 saung untuk yang bertiket VIP. Saung di depan panggung (lantai 2) dan saung samping panggung (lantai 3). Aku lihat orang-orang banyak yang duduk di depan saung yang berhadapan langsung dengan panggung itu. Mau berdiri di situ tapi kok rasanya dzolim pada mereka yang duduk di saung (soalnya jadi nutupin gitu kan).

Akhirnya kami ke saung samping panggung dan berdiri di belakangnya. Belakang saung itu gak sampe 1 meter udah mepet tembok. Jadi sesekali aku bisa bersandar atau bahkan jongkok sekalian kalo capek. Sungguh menyedihkan.

Kira-kira beginilah gambaran posisi panggung dan saungnya.
\
Yang aku kasih tanda 💓 itu menurutku spot terbaik

Tips #3: untuk amannya, datang minimal 1 jam sebelum pentas dimulai. Lebay? Lha nyatanya aku sampe lokasi 20 menit sebelum dimulai aja udah engap rasanya. Apalagi tiket VIP tuh nggak bisa reservasi mau duduk di sebelah mana. Tetep aturan mainnya siapa cepat dia dapat (posisi duduk).

Betewe aku lihat orang-orang VIP makanannya ternyata dikemas pake wadah mika gitu. Ya ampun kirain pake piring apa gimana yang rada mewah dikit LOL.

Oiya di situ hawanya gerah banget, apalagi kalo pas ada api nyembur gitu kerasa panas seketika. Padahal posisiku berdiri jauh dari panggung udah kerasa panas, apalagi yang duduk di saung bagian depan yak? Wkwkwk. Beruntung aku bawa kipas mini elektronik, lumayan buat angin segar dikit-dikit.

Bagaimana dengan pertunjukannya?

It was awesome, pretty good. Ada yang nyanyi ala OVJ (Opera van Java), ada tari tradisional, ada tari kabaret, campursari, dan yang paling favorit sih lipsync niruin selebriti. Rame bangeeet sambutan pemirsa karena rata-rata ya bintangnya drag queen (transgender).

Apalagi kala si drag queen ini bertingkah sensual, makin riuh. Terus si drag queen ini juga nyamperin saung-saung penonton, makin heboh deh. Seru sih, apalagi penonton yang dideketin tuh malah digodain pake (( gerakan saru )).



Jenni solo debut stage on amazing @ramintencabaret Repost from @frfirman . . . RAMINTEN CABARET SHOW . . . Every Friday & Saturday 19.00 - 20.00 At Hamzah Batik [Mirota Batik] Building Third Floor, Malioboro, Yogyakarta. RESERVATION: 0878-3961-8827 (AGUS) & 0878-3980-0040 (INDRA) LIMITED SEATS INFORMATION: 0819-0260-5808 (ADMIN) . . . Be There, Be Entertain!! 🔥🔥 . . . #ramintencabaretshow #raminten #dragqueen #dragqueenjogja #cabaret #cabaretshow #ramintenjogja #ramintenyogyakarta #ramintenesia #yogyakarta #hamzahbatik #hamzahbatikjogja #instaraminten #jogjaevent #instanesia #instafashion #jogja #pesonajogja #explorejogja #explorondonesia #jogjaistimewa #visitjogja #travelerindonesia #indotraveler #instagramjogja #trip #ootd #tripjogja #tripindo #jogja #yogyakarta #wisatajogja Jumpai juga Raminten di: @hamzahbatikofficial @hamzahbatikkaliurang @houseoframinten @ramintenkaliurang @raminten3resto @ramintenphotography @ramintenuborampe @ramintencabaret @ramintenskitchen
Sebuah kiriman dibagikan oleh RAMINTEN CABARET SHOW (@ramintencabaret) pada

Dari segi tempat emang belum memuaskan ya, karena sempit dan gerah. Tapi dari segi tata artistik/panggung tuh levelnya udah bagus banget. Tata cahaya dan efek-efeknya sangat sesuai dan mendukung atmosfer pertunjukan. Bintang-bintangnya pun sangat menghibur. Cuma ada beberapa part yang kurang menarik bagiku karena nggak related sama lagu yang dibawain. Selebihnya sih mantap.

Aku sih berharap ke depannya Raminten Cabaret Show punya tempat pertunjukan yang lebih oke dan nyaman. Menurutku tiket VIP seharga Rp115.000,- dengan makanan dibungkus wadah mika dan duduknya lesehan tuh kurang sebanding hehe.

Anyway, malem aku nonton Raminten Cabaret Show tuh ternyata ada kakak beradik sosialita: Kiki dan Anastasia Siantar. Sebetulnya aku nggak tahu. Kelar nonton Mbak Prima DM aku ngasih tahu. Lhaaa akunya gak lihat sama sekali karena kondisi tempat pertunjukan tuh remang-remah dan penuh sesak.

Kesimpulannya, nonton Raminten Cabaret Show ini recommended atau nggak?

Buatku recommended kok! Yah minimal sekali seumur hiduplah wkwk. Aku pengen nonton lagi cuma mau kalo rame-rame biar ada yang jagain tempat duduk sebelum acara dimulai LOL.

Kamu sendiri pernah nonton Raminten Cabaret Show gak? Cerita yuk di kolom komentar!

Cheers,
-Hilda Ikka-



*sumber gambar:
https://www.instagram.com/p/BrzYediHUuL/
https://www.instagram.com/samuel_erha/

11 comments

  1. Bacanya mengingatkan aku sama kabaret show di Bangkok. Aku baru tahu nih di Yogya juga ada.

    ReplyDelete
  2. Sering denger Raminten Raminten, ternyata pertunjukan, toh.

    Lihat efek lampu dan kilasan videonya lumayan menarik, tapi kenapa aku gak tertarik nonton secara live, hehe. Gratis pun kayaknya ogah. Mungkin buatku gak cocok wisata begini, cocoknya ke museum, ngiik��. Atau sekalian ludruk, deh. Tapi jangan wayang kulotit juga, haha

    Bolehlah dikasih standing applause buat penonton san juga Ika. Tontonan lokal seperti ini seharusnya dilestarikan. Syukur-syukur ada sentuhan kearifan lokalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya Raminten nama restoran gitu Mbak Yun, terus ada pertunjukannya 😁

      Iya ini bagus karena ada kearifan lokal. Ada campursarinya wkwk

      Delete
  3. hahahahaga pengeeen nonton, tapiiii krn kamu bilang panas dan gerah itu, aku agak mikir :p. tau sendiri aku lgs drop kalo kepanasan. bisa sesak napas di dalam. rame banget ternyata yaa :(. td nonton dr IG nya memang kereeen sih. duuh kenapa Lucinta Luna ga jd salah satu queennya :p. Kalo kedepannya tempatnya udh lbh bgs dan luas, vip nya juga nyaman, aku ga mikir lama sih lgs book tiket :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaa gak sampe sesak napas juga sih Mbak 🤣 tapi emang gerah sih, duh ngetik doang aja udah keinget hawanya 😂
      Wkwkwk iya ya kok gak kepikiran ngundang Lucint Luna gitu, pasti makin rame lgi 😂

      Delete
  4. Waaa, seruuu.. Gak jauh-jauh ke Thailand di Yogya juga ada, yaa.. Aku pingin nonton jadinya, tapi semoga tempat show-nya lebih oke.. Baca cerita dirimu aku ikutan sesek n pegel mbaa.. haha.. Peminatnya membludak ya, mestinya pengelolanya bisa nyediain tempat yang lebih bagus bagus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mungkin maunya pengelola begitu tapi belum nemu tempatnya 😬

      Delete
  5. Wah iki konsepnya kayak di Bangkok ya ka? Aku tahunya cuma ada restorannya, jadi penasaran kalau ke Jogja kudu booking tiket VIP

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, aku dulu ya gak mudeng. Pikirku restoran kok ada kabaretmya wkwk

      Delete
  6. Seru bener nonton langsung aksi drag queen Raminten. Udah terkenal lama tapi aku juga belum pernah nonton, hihihi.

    ReplyDelete
  7. Penasaran banget pengen nonton Raminten Cabaret, pernah dengar tapi belum pernah sengaja cari tau infonya, hehe.
    Tapi sayang agak gerah ya...jadi harus mikir-mikir juga, huhu

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya. Maaf untuk link hidup akan otomatis terhapus. :)

I love to read all comments from you all, but sorry if I can't answer all. :)

Sexy Red Lips