Di Malioboro, Enaknya ke Mana dan Ngapain Aja?

Rekomendasi wisata di sekitar Malioboro

Rekomendasi tempat wisata dan kuliner di Malioboro - Sudah berapa kali pun ke Jogja, selalu ada alasan untuk balik lagi ke sana. Itu yang terjadi padaku. Adaaa aja yang ngangenin dari Kota Gudeg yang membuatku mikirin itinerary mulu! Hahaha.

Ke Jogja pun tak lengkap rasanya tanpa mampir ke Malioboro. Mau jalan-jalan, cari oleh-oleh, wisata kuliner, semuanya tersedia. Apalagi kalo lagi solo traveling, aku selalu booking hotel di Malioboro. Akses dekat, lokasi strategis di pusat, mau ke mana-mana pun gampang. Biar pas mati gaya alias bingung mau ngapain tinggal cuss ke Malioboro cari masalah kesibukan.

Buat kamu yang selama ini ke Malioboro cuma mampir sebentar, coba deh sesekali nginap dekat sini dan menjelajah area Malioboro seharian. Enaknya ke mana dan ngapain aja? Coba deh kunjungi destinasi berikut ini:

Sarapan di Gudeg Mbah Lindu

Rekomendasi kuliner di sekitar Malioboro
Credit: instagram.com/jogjafoodhunter

Betewe akutu baru tau kalo gudeg tuh biasa disajikan pake bubur juga. Lha ke mana ajaaaa *toyor*. Tapi aku sendiri baru doyan bubur belakangan ini sih. Kalopun dari dulu udah tau soal bubur gudeg ya percuma soalnya belum doyan haha.

Selama ini kita taunya gudeg yang terkenal tuh Yu’ Djum yah. Nah saat ini udah banyak bertebaran gudeg legendari yang nggak kalah enak *bahkan ada yang beberapa diklaim jauh lebih enak* dari Gudeg Yu’ Djum. Salah satunya Gudeg Mbah Lindu ini, seingatku masuk rekomendasi @depepedia (influencer lokal Jogja), deh.

Saking legendarisnya, Gudeg Mbah Lindu selalu ramai pembeli dan butuh antre sampai 30 menit. Tapi berdasarkan review orang-orang sih sepadan karena saking enaknya.

Perlu diingat, Gudeg Mbah Lindu udah buka dari pukul 5 pagi. Pastikan jangan sampai bangun kesiangan kalo pengen sarapan nasi/bubur gudeg dengan lauk komplit!



Mengulik Sejarah di Benteng Vredeburg

Rekomendasi wisata di sekitar Malioboro

Kelar sarapan, bisa dong lanjut jalan-jalan berkunjung ke Benteng Vredeburg. Jujur awalnya aku sempet meremehkan, ngapain sih ke benteng doang? Taunya ada museumnya, gaes. Bhahahaha makanya jan su’udzon dulu yee.

Trus ya, menurutku museumnya ini oke banget! Penataannya super rapi dan enak banget buat media pembelajaran sejarah. Khususnya sejarah zaman pendudukan Belanda di Yogyakarta zaman agresi militer dulu. Mana harga tiketnya nggak sampai 5 ribu rupiah, wagelaseh sungguh worth it.

Kalo kamu demen hunting foto instagramable, berbagai sudut di area museum dan benteng imi cakep lho buat pepotoan. Apalagi di koridor museum yang bangunannya ala-ala sekolah zaman Belanda, terkesan amat vintage.


Deep down inside, aku sedih sekali karena pengunjung museum nggak banyak. Padahal museum Benteng Vredeburg sangat informatif dan ragam medianya cukup variatif. Selain itu, yang nggak aku suka dari museum sepi, suasananya kerasa creepy abis. Serius! Apalagi aku ke sini sendirian, aku sampe lari terbirit-birit pas ngelewatin area yang penuh patung-patung pahlawan gitu. Atmosfernya nggak enak banget, mana aku seorang diri di ruangan itu, ya jelas takut lah! Wkwkwk.

Makan Siang dan Berburu Oleh-Oleh Murah di Pasar Beringharjo

Puas mengelilingi museum dan Benteng Vredeburg, enaknya cari makan siang di Pasar Beringharjo. Salah satu kuliner yang terkenal adalah sate kere. Keunikan dari sate kere ini tentu dari bahan-bahannya yang merakyat: usus, jeroan, tempe, dll pokoknya bukan daging. Yah, sesuai dengan namanya yang ‘kere’ alias miskin.

Berdasarkan rekomendasi di internet, yang paling ramai pelanggan sih Sate Kere Bu Dibyo.

credit: instagram.com/rickxs_

Oya, kelar makan siang bisa keliling pasar buat beli oleh-oleh ataupun belanja untuk diri sendiri. Kalo mau bawain oleh-oleh bakpia untuk banyak orang (kayak temen kantor atau temen sekolah) mending beli di sini sih, lebih murah.



Bersepeda Mengitari Titik Nol dan Tugu Jogja

Eh udah tau belum kalo di area Malioboro tersedia fasilitas sepeda kayuh yang dapat kita sewa untuk berkeliling? Namanya JogjaBike dan sewanya harus melalui aplikasi. Buat kamu yang tertarik mencoba, unduh dulu aplikasi “InaBike” di App Store/Play Store.

Ada beberapa shelterpit yang tersebar, yang aku ingat sih cuma di area depan Benteng Vredeburg dan depan Loco Café. Sewaktu aku nyoba ternyata JogjaBike masih dalam masa percobaan, jadi belum dikenai biaya dan selalu ada petugas yang berjaga.

credit: instagram.com/jogja.bike

Sayang, menurutku sepedanya terlalu ringkih untuk diriku yang bertubuh gempal. Beberapa kali rasanya sempoyongan kek mau jatuh terguling. Duh Gustiii, susahnya jadi orang gemuk. 😂

Saat petang menjelang, baru deh pulang. Yakin itu badan udah remek gegara jalan seharian sedari pagi. Makanya enak banget kalo nginep di hotel yang aksesnya dekat dari Malioboro. Lebih berasa nuansa turisnya *halah*.

Kalo mau cari hotel di Malioboro, bisa banget booking via PegiPegi.com. Fitur pencarian hotelnya user friendly, dilengkapi dengan beragam filter yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita. Pilihan hotel murah di Malioboro yang tersedia pun mulai dari rate di bawah 100 ribu! Cocok buat kamu yang mau liburan hemat.



Jadi, kapan nih kamu ke Jogja? 😁

Jogja istimewa,
-Hilda Ikka-

2 comments

  1. Sekarang yang lagi hits, ada kampoeng Ketandan juga.

    Dulu waktu kuliah pernah makan gudeg Mbah Lindu buat sarapan. Gak tau kalau legendaris, cuma emang lumayan rame. Tapi zuzur saya tidak bisa menikmatinya karena terbayang cara ngambil lauknya pake tangan bahkan lauk yang berkuah, diubek2 gitu tangannya. Harganya jaman segitu udah 25rb aja seporsi di saat beli di pedagang lain cuma 7-8 ribu padahal sama2 di Malioboronya.

    Tapi kabarnya sekarang mbah Lindu udah meninggal, diterusin sama anaknya dengan pelayanan yang lebih higienis.

    ReplyDelete
  2. Yang belum pernah ke mbah Lindu sama sate kere. Padahal mbah Lindu legend banget.

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya. Maaf untuk link hidup akan otomatis terhapus. :)

I love to read all comments from you all, but sorry if I can't answer all. :)

Sexy Red Lips