Mendadak SuJu (Part 1)


Sewaktu Asian Games 2018 menghadirkan Super Junior sebagai salah satu bintang tamu di malam penutup, aku termasuk orang yang terkesima. “Wow, Super Junior masih eksis ya setelah sekian lama?”

Jujur aku udah lama nggak denger kabar Super Junior karena aku nggak ngikutin Kpop sama sekali. Baru tertarik ama Kpop tuh sejak Blackpink – DDU-DU DDU-DU ngehits, itu pun aku selektif ke Blackpink doang. Meski begitu, kupingku akrab kok ama beberapa hits Kpop kayak beberapa lagunya Super Junior, SNSD, Big Bang, dll.

Seingatku, pertama kali kenal Super Junior tuh pas SMP lewat tabloid remaja. Kan biasanya di halaman terakhir atau halaman tertentu suka ada poster artis ternama full-halaman. Pertama kali tahu Super Junior ya dalam bentuk poster itu. Ya sebatas itu karena temen-temen SMP-ku nggak ada yang menggemari Kpop.

Baru deh pas SMA, ada beberapa temen sekamar (aku bersekolah asrama btw) yang suka Kpop. Mereka sering ngobrolin Kpop dan nyetel video klip lagu-lagu idola mereka. Akhirnya dari situ aku familiar ama lagu-lagunya Super Junior, SNSD, Big Bang, SHINee, dll. Aku yang gak tertarik tapi hampir tiap hari kupingku ikut dengerin, lama-lama ya terbiasa dan ngerasa “eh enak juga nih lagu”.

Lulus SMA, blas nggak ngikutin perkembangan Kpop. Maklum, seleraku pada saat itu berkiblat ke Disney dan bintang Hollywood.

Kemudian BAM! Di tahun 2020 ini aku tiba-tiba jadi ELF (sebutan untuk penggemar Super Junior). Asli random banget yak, HUAHAHAHAHA.

Pemicunya tuh video karaoke try-lingual Super Junior yang pernah lewat di linimasa Twitter-ku. Yang nongol di Twitter kan cuma klip potongan, akhirnya aku nonton video penuhnya di Youtube sampe ngikik-ngikik dong. Kocak parah sih mereka ya ampun. Mana ternyata suara mereka bagus-bagus, lho (Yesung dan Kyuhyun).


Di sisi lain, ada Siwon yang makin ngehits di kalangan warganet Indonesia sejak dia jadi bintang iklan Mie Sedapp. Kalau diperhatikan, emang sejak itu tingkah lakunya suka ajaib (dari dulu sih). Apalagi kalo keajaibannya dia tuangkan pake Bahasa Indonesia, bisa bikin aku ngakak ampe tiarap.



Dari situ aku jadi tertarik nontonin konten-konten variety show Super Junior yang membuatku menarik kesimpulan: Super Junior tuh bukan boyband, tapi grup lawak hhhhhh. :(

Akhirnya keterusan deh aku sampai hafal nama dan wajah semua membernya (yang masih aktif). Kesemua personel menurutku unik dengan ciri khas masing-masing sampe aku nggak punya bias; karena seluruhnya adalah biasku!

Mengidolakan publik figur karena tampan/cantik itu hal wajar, namun selama ini idol Korea di mataku tuh tampan biasa aja, bukan seleraku. Nah berhubung Super Junior ini tampan + lucu, makanya aku terpikat haha. Ibarat tampan itu dapat aku nikmati dengan satu kedipan, maka tampan + lucu itu membuatku nggak bisa berkedip, wkwk.

Super Junior ini emang super, loh. Mereka masih eksis setelah hampir 16 tahun debut dan rata-rata usia membernya 30 tahunan! Usia Om-om tapi tampangnya masih kayak Mas-mas. Bodo amat kalaupun ada yang operasi plastik, toh itu upaya mereka untuk menjaga penampilan dan nggak ngerugiin orang lain kok.

Oh iya, mereka ini sempat hiatus 2 tahun nggak ngeluarin album karena membernya bergiliran menjalani wamil (wajib militer) selama 2 tahun. Pernah ada momen Super Junior cuma tampil dengan 4 member karena sisanya masih belum kelar wamil.

Setelah beberapa member kelar wamil, akhirnya di tahun 2017 mereka comeback dengan jumlah member seadanya (7 orang). Di situ mereka bikin variety show namanya SJ Returns yang kontennya seputar kegiatan mereka mempersiapkan album baru. Berhubung banyak fans yang suka variety show ini, SJ Returns diproduksi terus sampe sekarang udah masuk musim keempat!

Selain itu juga ada Super TV yang formatnya mirip ama SJ Returns, cuma bedanya yang Super TV ini ditayangin di channel TVN sementara SJ Returns disiarkan langsung melalui channel Vlive SM C&C Studio.

Ya lewat variety show inilah aku merasa semakin ‘kenal’ dan ‘dekat’ dengan personel SuJu. Jadi mau nyeritain mereka satu-satu nih. 😁

Leeteuk

Leeteuk ini member tertua sekaligus leader-nya Super Junior. Yup, boy/girl group Korea biasa punya member tapi nggak selalu anggota tertua yang jadi member. Kok ya kebetulan Leeteuk si anggota tertua ini personalitinya bagus banget sebagai leader. Ngatur member sebanyak itu (Super Junior debut dengan jumlah anggota 13 orang) dengan segala perbedaan wataknya.


Beneran deh Super Junior itu membernya chaos banget, suka berisik sendiri. Aku aja kalo nonton tayangan mereka suka pusing liatnya apalagi kalo jadi Leeteuk. 😖 Padahal mereka sekarang ini udah tinggal bersembilan, apa kabar waktu mereka masih bertiga belas? Sungguh aku respek ama Leeteuk bisa sabar ngadepin tingkah polah member SuJu yang aneh-aneh. -____-

Leeteuk ini banyak nge-job sebagai presenter di berbagai acara TV. Makanya kalau SuJu lagi diundang di suatu acara, Leeteuk sering diledekin pas lagi kumat ‘sindrom jadi MC’-nya. Ibarat jadi MC itu udah ada di DNA-nya Leeteuk.

Sebagai ketua, dia juga paling sering jadi kambing hitam. Misal ada member yang ditanya di acara TV, “Siapa member SuJu yang paling kamu gak suka?” pasti pada jawab Leeteuk. Karena mungkin bagi mereka itu jawaban paling aman. 😅

Di balik gaya bicaranya yang tenang dan suka menghidupkan suasana, siapa sangka dia punya masa lalu yang kelam. Kedua orang tuanya bercerai saat Leeteuk masih berusia 5 tahun. Sewaktu Leeteuk sedang wamil, kakek neneknya meninggal dunia berbarengan dengan ayahnya yang bunuh diri lantaran depresi menghadapi bisnisnya yang bangkrut.

Ayah Leeteuk meninggalkan hutang yang bernilai besar dan catatan “emang kamu pikir kamu bisa sukses?” yang ditujukan ke Leeteuk. Serius ini menyakitkan. Udah diremehin, eh, ditinggalin hutang lagi.

Aku bangga banget sih sama Leeteuk karena dia bisa bertahan sampai ke titik ini. Dia nggak membiarkan depresi merenggut nyawanya. Meski begitu, aku juga kasihan ama Leeteuk yang suka memendam masalahnya sendiri. Masa pas diajak Heechul ke psikolog di episode Super TV, dia bilang itu merupakan pengalaman pertama. Huhu idol Korea darurat bantuan psikologis. :(




Heechul

Dia ini Cinderella-nya SuJu. Tampan tapi cantik, aduh gimana ye kan. Mungkin soal tampan dia kalah ama Siwon, tapi dia punya tampang dan pesona layaknya pria flamboyan. Good looking dan nyenengin. Ditambah dengan pribadinya yang hangat, ekspresif, dan pinter ngelawak, sulit banget rasanya buat nggak suka sama Heechul.


Awalnya aku nggak ngeh ama Heechul karena dia belakangan ini jarang tampil bareng SuJu. Rupanya Heechul punya cedera kaki parah akibat kecelakaan mobil 11 tahun lalu sehabis ngelayat pemakaman ayahnya Donghae dan kondisinya makin memburuk. Akibatnya saat ini dia nggak bisa perform nge-dance dan memutuskan absen dari kegiatan manggung. SEDIH BANGET. 😭

Untungnya dia aktif nge-Youtube, jadi kerinduan ELF dapat terobati. Dia juga aktif jadi pembawa acara TV seperti Knowing Brother dan Life Bar.

Ikut mewek deh nontonnya 😭

Lagunya dikomposeri Donghae, video klip disutradarai Shindong.

Ya Allah lihat Heechul begini bikin mimisan, tampak sexy di mataku :3

Siwon

Yang bukan penggemar SuJu pasti banyak yang tau Siwon. Siwon is one of a kind. Tampan, kaya raya, taat beragama, baik hati, sopan santun, dan berjiwa sosial tinggi. Nggak ada deh idol lain yang kayak Siwon, he’s the one and only. 😂


Ketampanan Siwon diakui oleh semua member dan dia masuk SM Entertainment (agensi yang menaungi Super Junior) aja ditawari langsung sama pemilik agensi. Begitu jadi anggota Super Junior, Siwon berperan sebagai sosok visual dan selalu ditempatkan di tengah pada saat berfoto bersama grup.

Yang menarik dari Siwon tuh sekalipun dia tampan, dia nggak jaim. Ekspresi mukanya selalu layak dijadikan meme. Etapi orang tampan mah bebas ya, mau ngapain aja tetep tampan LOL.


Awalnya Siwon nggak direstui orang tuanya buat jadi idol. Maklum lah, dia kan pewaris tahta bapaknya. Kerennya nih, meskipun Siwon berkarier di dunia idol, dia juga tetep eksplorasi dunia bisnis. Ya jelas bapaknya lama-lama nggak mempermasalahkan karier Siwon.

Siwon punya cita-cita mulia: ingin jadi orang yang dibutuhkan oleh rakyat Korea Selatan. Buset dah, beneran dia punya hati yang tulus. Makanya dia jadi duta UNICEF dengan senang hati.

Donghae

Donghae ini member paling pemalu. Kalo di variety show, dia nggak banyak bicara sampe diledekin mulu ama member lain. Cowok tampan nan pemalu itu gemesin ihhh. Kalo lagi salting, sukanya mukul-mukul atau nendangin member lain astaga.


Btw dia paling pinter bikin lagu lho, favoritku yang judulnya One More Chance ada di album Super Junior ke-8.


Donghae bersama Eunhyuk tergabung di sub-unit Super Junior D&E spesialis lagu-lagu bernuansa retro-pop.

Yesung

Salah satu main vocal di Super Junior, tergabung di sub-unit Super Junior K.R.Y yang spesialis bawain lagu ballad. Anyway lagu ballad itu lagu yang mendayu-dayu. Dia termasuk member yang berpenampilan ‘menolak tua’. Lihatlah wajahnya, sungguh jauh dari kesan Om-om berusia 35 tahun!


Menurutku, Yesung itu representasi anak muda yang stylish dan gemar nongkrong. Setiap kali ngumpul ama member Super Junior, penampilan Yesung yang paling ekstra. Koleksi aksesorisnya pun banyak. Dia hobi ngafe dan punya café sendiri loh, namanya Mouse Rabbit.

Di balik penampilan menariknya sekarang, Yesung berusaha keras lho untuk mewujudkannya. Dulu dia chubby sehingga dia ngelakuin diet ketat. Yesung cuma menjatah makan malam 5 kali dalam setahun (yang ujung-ujungnya bakal cheating). Dia juga ngelakuin oplas.

Menurutku apa yang dilakuin Yesung tuh manusiawi, apalagi dia berkarier di dunia idol yang menuntut penampilan menarik. Awal jadi anggota Super Junior, dia ngerasa nggak percaya diri. Yesung bilang, dia akhirnya ngerasa sedikit lega ketika mendapati Eunhyuk sebagai member Super Junior karena senasib LOL.

Eunhyuk

Buatku, Eunhyuk ini member yang tingkah lakunya paling gemesin. Dia punya julukan anchovy alias ikan teri, karena perawakannya kecil dan gesit. Yup, dia ini main dancer dan rapper di SuJu. Dengan perawakan dan tingkah laku kayak gitu bikin Eunhyuk keliatan awet muda.


Eunhyuk suka usil ama member lain, khususnya Yesung HAHAHA. Sampe-sampe mereka berdua punya julukan Tom (Yesung) dan Jerry (Eunhyuk). Eunhyuk paling suka ngeledekin gaya bicara Yesung yang seolah-olah kayak mau nangis. 😂


Guess what, Eunhyuk ngaku nggak pernah operasi plastik. Dulu dia diakui sebagai member terjelek di Super Junior hiks. Dia sendiri awalnya gak habis pikir kenapa SM Entertainment masukin dia ke Super Junior saking mindernya. Yah emang sih kalau dibandingin ama member lain, Eunhyuk dulu tampak paling nggak menarik. Namun itu hanya soal waktu, karena Eunhyuk sekarang cakep banget.

Menurutku sih biang keroknya tren rambut zaman dulu emang nggak cocok di Eunhyuk! Makeup dan gaya berpakaian juga, waktu debut penampilan mereka berkiblat ama Jpop.

Eunhyuk yang sekarang!

Kyuhyun

Kyu merupakan maknae alias member termuda. Dia dijuluki ‘evil maknae’ soalnya suka godain para hyung (sebutan untuk laki-laki yang lebih tua). Sebagai main vocal, Kyu tentu punya suara merdu dan dia suka nyanyiin lagu ballad. Btw awal mula keinginan Kyu untuk jadi penyanyi ditentang orang tuanya loh, terlebih karena ayahnya seorang akademisi.


Suatu ketika, Kyuhyun bersama Leeteuk, Eunhyuk, dan Shindong habis syuting acara TV eh pulangnya kecelakaan mobil. Leeteuk dan Kyuhyun yang paling parah mengalami cedera. Bahkan Kyuhyun harus dioperasi dengan prosedur alat yang dimasukkan lewat tenggorokan.

Ayah Kyuhyun kemudian memohon ke tim medis barangkali ada prosedur lain (nggak lewat tenggorokan) karena beliau khawatir akan memengaruhi pita suara Kyu. Ayahnya nggak mau impian Kyu menjadi penyanyi rusak karena hal itu. Ya Allah mewek gak sihhhhh. Beruntung tim medis bisa mengubah prosedur lewat punggung.

Selepas Kyu pulih seperti sediakala, dia membeli sebuah bangunan bertingkat untuk ayahnya yang kemudian dijadikan sebagai bisnis keluarga. Sampai saat ini, Kyu memilih tetap tinggal di dorm Super Junior di saat member lain tinggal di apartemen mewah.


Ryeowook

Ryeowook mulanya merupakan maknae sebelum Kyuhyun datang. Yap, Super Junior debut dengan 12 personel dan Kyuhyun baru bergabung setelahnya. Meski begitu, Ryeowook dijuluki ‘eternal maknae’ karena tingkahnya yang menggemaskan dan aegyo (imut). Sebelum aku tau umur para member SuJu, aku kira yang paling muda itu Ryeowook sama Eunhyuk. Sorry to say, Kyuhyun. 😂

Gemes banget sih!
Ryeowook sebagai main vocal punya suara khas yang bening dan ber-pitch tinggi.


Shindong

Shindong merupakan member yang paling menarik perhatian karena bertubuh besar bagaikan anomali. Etapi jangan salah, dia lolos audisi SM Entertainment untuk posisi main dancer lho. Dia juga punya TV personality paling bagus di antara member lainnya. Kalo ada Shindong di variety show pasti pecah banget karena adaaa aja yang bikin ketawa.


Shindong dijuluki peramal sama member SuJu soalnya apa yang dia prediksi kebanyakan terjadi. Bukannya apa-apa, Shindong tuh pinter banget untuk hafal detil setiap member SuJu. Makanya dia super peka dan pandai membaca situasi. Bahkan dia bisa ngebedain tangan member SuJu dengan mata tertutup!

Di SJ Returns musim ketiga, ada segmen di mana beberapa member SuJu terpilih untuk memainkan peran sebagai manajer sehari. Di antara Shindong, Eunhyuk, dan Kyuhyun, yang kerjanya paling bagus ya Shindong. Udah kayak manajer beneran! Haha.

Shindong juga berbakat dalam hal penyutradaraan. Beberapa tahun terakhir dia udah jadi stage director untuk beberapa artis/group termasuk Super Junior sendiri.


Ini salah satu video hasil arahan Shindong.

By the way, penampilan Shindong sekarang bikin pangling! Dia bekerjasama dengan Juvis untuk program menurunkan berat badan karena sebelumnya dia sering sakit-sakitan. Wew, jadi peringatan ke diri sendiri nih kalo kelebihan berat badan itu nggak baik. *nutupin muka*


Video paling bikin ngakak di bagian Shindong niru dance boygroup/girlgroup lain.

*

FYI, saat ini aku lagi sibuk ngerjain skripsi. Konten-konten Super Junior sangat menghiburku sewaktu suntuk. Entah itu liputan wawancara, variety show, atau vlog mereka selalu sukses bikin aku ketawa.

SuJu emang dikenal ‘gila’. Beberapa kali mereka tampil aneh dan mengejutkan di konser. Pernah konser pake kostum power ranger, Siwon pernah berkostum kuda, sampe bikin parodi Single Ladies. SuJu kalo diundang ke acara variety show secara lengkap (bersembilan) bakal menggila (ngacauin acara, banyak omong, dll). Parah pokoknya.

Soal talent, seluruh member punya bakat lebih dari seoran idol. Sampe mereka dibikinin label sendiri oleh SM, namanya Label SJ. Berasa inception, ada label di dalam label. 😂

Masih banyak yang pengen aku omongin soal SuJu sih. Aku lanjut di part 2 ya, meski nggak tau kapan tayangnya. 😆

Thanks for reading,
-Hilda Ikka-

Ini salah satu video favoritku! Udah nonton berungkali masih ngakak. 😂

2 comments

  1. Waktu SMP bias aku Ryeowook.. terus udah gitu vocal line Suju kan ada yg debut solo ya. Ryeowook ternyata debut solo bareng sama Gfriend pas lagi ngehits di 2016. Aku baru liat videonya di tahun 2018 pas udah suka Gfriend.

    Di acara musik tahun 2016 itu Ryeowook terkalahkan sama Gfriend buat ambil posisi satu. Jadi gatau mau seneng apa sedih wwkwkwkkwkwkwk

    Sekarang aku pindah haluan deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaha Fira mah biasnya sekarang masih muda dan seger-seger yaaa

      Delete

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya. Untuk saat ini, komentar saya moderasi dulu ya. Saya suka baca komentar kalian namun mohon maaf saya tidak selalu dapat membalasnya. Untuk berinteraksi atau butuh jawaban cepat, sapa saya di Twitter @newHildaIkka saja!

Sexy Red Lips