Rekomendasi Board Game untuk Anak dan Keluarga (2)

Sunday, October 9, 2022


Halo! Kali ini aku mau lanjutin postingan tentang rekomendasi board game untuk anak dan keluarga yang udah aku ulas sebelumnya.

Kalau di postingan sebelumnya, board game yang aku ulas kebanyakan instruksi permainannya sederhana. Nah untuk postingan ini, instruksi permainannya sedikit lebih rumit dan lebih banyak. Kurang lebih selevel kayak main board game monopoli, jadi ya... gak susah-susah amat kan? 😆
Board game yang hendak kurekomendasikan ini cocok dimainkan oleh anak-anak usia 6-8 tahun ke atas. Ya kira-kira anak kelas 2 atau 3 SD lah. 😁

Waroong Wars

Age: 8 tahun ke atas
Player: 3 – 5 pemain

Kalian tau nggak sih kalau sekarang tuh udah ada banyak board game lokal bikinan para kreator asli Indonesia! Ini board game lokal favoritku nomor satu, soalnya berkesan banget mengangkat tema kuliner khas Surabaya. 😍

Misi dari permainan ini adalah memasak menu masakan khas Surabaya, seperti tahu tek, tahu campur, rujak cingur, dan lain-lain. Setiap menu masakan memiliki nilai poin berbeda tergantung tingkat kesulitan bahan yang harus didapatkan. Nah, bagaimana cara mendapatkannya?

Caranya, pemain akan dibagikan kartu bahan sebanyak 6 kartu lalu ambil 1 kartu bahan yang menurutnya amat penting dan dibutuhkan. Selanjutnya berikan kartu sisanya ke pemain sebelah searah jarum jam dan ambil 1 kartu bahan. Begitu seterusnya sampai keseluruh pemain tuntas menukar/memutar kartu bahan mereka. Kemudian secara bergiliran, pemain dapat ‘memasak’ menu sesuai bahan yang mereka miliki dan mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya.

Yang seru, pada permainan ini ada kartu efek yang didapatkan pemain tiap kali berhasil ‘memasak’ menu. Kartu efek memiliki beragam fungsi, ada yang berguna menjadi bahan tertentu, ada yang bernilai poin, hingga untuk mencuri kartu bahan/efek pemain lain!

O iya, aku suka banget sama ilustrasi di board game ini. Terkesan jenaka sekaligus atraktif dengan pemilihan warna cerahnya. Namun sayang, Waroong Wars edisi pertama dengan ilustrasi tersebut sudah sold out. Saat ini yang tersedia merupakan Waroong Wars edisi dua dengan corak ilustrasi yang berbeda dengan edisi pertama. Namun instruksi dan cara bermainnya tetap sama kok (dengan sedikit pengembangan).

Bag of Chips


Age: 8 tahun ke atas
Player: 2 – 5 pemain

Sesuai namanya, board game ini dikemas dalam wadah plastik layaknya snack keripik kentang. Lucuk! Selain itu, kemasan begini sungguh praktis dan tidak menyita banyak space.

Permainan Bag of Chips ini merupakan permainan perpaduan strategi dan keberuntungan. Terdapat 25 token ‘keripik kentang’ dengan berbagai warna/rasa. Setiap warna memiliki jumlah tertentu dan informasi ini tercantum dalam ‘kartu contekan’. Keseluruh token keripik kentang ini tersimpan dalam ‘kantong snack’ dan dikeluarkan secara bertahap dalam jumlah tertentu.

Pemain diberi 6 kartu misi dan ditugasi untuk menyeleksi kartu misi dalam 3 tahap. Di akhir ronde, nantinya tersisa 2 kartu misi yang menurut pemain akan berhasil tercapai dan 1 kartu misi yang menurut pemain akan gagal tercapai.

Kartu misi berisi target yang harus dicapai dengan mencocokkan target dengan realita yang terjadi di akhir permainan.

Permainan ini sebenarnya cukup sederhana, yang sulit tuh ya menebak probabilitas token-token keripik kentang yang keluar. Nggak jarang kartu misi yang kita anggap akan gagal malah berhasil dan yang kita anggap akan berhasil malah gagal. Atau malah kartu yang udah kita seleksi di awal-awal malah banyak yang berhasil, hahaha. Bikin gemes deh pokoknya!

Sushi Go Party!


Age: 8 tahun ke atas
Player: 2 – 8 pemain

Siapa nih yang pernah makan sushi di resto conveyor belt sushi? Kayak di resto Sushi Go! atau Tom Sushi gitu. Nah, desain papan permainan Sushi Go Party ini mengadopsi konsep tersebut. Pas main, berasa lagi ngantre makan di resto sushi deh jadinya. 😋

Permainan ini menurutku bersifat taktikal dan membutuhkan pengambilan keputusan yang tepat. Misinya, setiap pemain berburu poin dari menu-menu yang tersedia di meja resto. Caranya sedikit mirip dengan permainan Waroong Wars; setiap pemain dibagikan 10 kartu menu dan mengambil 1 kartu yang penting baginya kemudian kartu sisanya diberikan ke pemain sebelahnya searah jarum jam. Begitu terus sampai kartu habis diputar/ditukarkan.

Bedanya, di Sushi Go Party ini setiap pemain mengambil 1 kartu, pada saat itu juga langsung dibuka bersama-sama. Pemain yang memiliki poin tertinggi di akhir sesi permainan yang menjadi pemenang.

Menurutku, permainan ini seru abis karena kalau kita sebagai pemain merasa kesulitan untuk menang, kita bisa menjegal pemain lain agar gagal mendapatkan poin yang dimau dengan mengacaukan taktik mereka. Caranya? Dengan mengambil kartu yang sekiranya jadi incaran mereka. 😂

Ketiga board game ini semakin banyak pemainnya, maka semakin seru permainannya. Karena jumlah pemain akan berpengaruh pada tingkat kesulitan dan tantangan untuk menang. Gak cuma dimainkan bersama anak atau anggota keluarga inti, board game ini pun asyik dimainkan bareng keluarga besar untuk menambah keakraban. 😉

Kalo kamu, kira-kira tertarik ama board game yang mana? Share yuk di kolom komentar!

Much love,
Hilda Ikka

1 comment

  1. Wah ada banyak ternyata jenis permainan ini yang pas banget untuk anak-anak. Bakalan suka sih mereka kalau dibelikan mainan yang cantik dan bagus. Terlebih mengedukasi pas banget untuk tumbuh kembangnya. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya. Untuk saat ini, komentar saya moderasi dulu ya. Saya suka baca komentar kalian namun mohon maaf saya tidak selalu dapat membalasnya. Untuk berinteraksi atau butuh jawaban cepat, sapa saya di Twitter @hildaikka_ saja!