Murah Meriah dan Cocok di Lidah: Fish n Friends – Kalibokor (Surabaya)


Aku dan Muffin (baca: suamiku) sama-sama suka fish n chips. Err lebih tepatnya sih kami sama-sama suka gorengan dan junk food LOL. Iya gak sehat tapi ena. Napa yang ena-ena selalu gak sehat ya gais. 😞

Sebagai penggemar fish n chips, alhamdulillah kami udah pernah nyobain Fish & Co. Pernah juga nyobain menu fish n chips di Pancious dan Epic Coffee. Kesemuanya enak dan… pricey. Haha.

Nggak bisa dipungkiri ya masbro, mbaksis, kalo harga fillet ikan dori emang nggak murah. Di supermarket aja untuk 2 potong fillet bisa di atas 50 ribu harganya. Nah bagaikan angin segar, di Surabaya sekarang udah ada tempat makan yang menyediakan fish n chips enak dengan harga terjangkau, namanya Fish n Friends.

Aku tau info Fish n Friends ini dari akun Instagram salah satu food reviewer Surabaya gitu. Emang udah lumrah sih promosi kuliner via influencer Instagram karena exposure-nya juga kencang. Heaaa ngomongin exposure jadi keinget Awkarin heaa.

Akhirnya aku dan Muffin berkesempatan mampir ke Fish n Friends, dadakan setelah staycation di hotel area Gubeng. Pikir kami mumpung masih di luar (rumah), sekalian aja. Karena kami udah lama pengen ke Fish n Friends tapi mager banget berangkat dari rumah. *dasar pemalas* *ngomong sama cermin*

Nggak susah kok nyari lokasi Fish n Friends dengan berbekal Google Maps. Ternyata tempatnya rada nyelempit, bukan yang di pinggir jalan besar gitu. Enak sih karena suasananya enggak bising. Sayang hawanya panas, apalagi kami ke sini siang-siang aww.


Bangunan Fish n Friends ini standar depot, nggak terlalu kecil ataupun besar. Aku suka cat dindingnya yang bernuansa biru, selaras dengan menu ikan yang habitatnya di laut ya kan. Ada spanduk nama resto dengan tagline di bawahnya yang berbunyi: the best fish on your dish.

Kami jadi pengunjung tunggal siang hari itu. Suasana terasa lengang. Yang bikin ramai cuma suara kipas angin dan hiasan dinding yang begitu semarak. Tapi aku suka kok ama dekorasinya yang menurutku cakep dan eye-catchy. Kekurangannya cuma satu: panas!



Yap, sirkulasi udara di ruangan ini kayak kurang bagus gitu jadi bawaannya gerah dan lembap. Padahal kami hanya berdua di situ, coba kalo ada 5 – 10 pengunjung lain? Pulang-pulang gobyos, dah.

By the way, Fish n Friends nggak cuma menyediakan menu ikan sih, tapi produk laut lainnya seperti cumi, kerang, lobster, dll. Variasi menu mereka cukup unik dan tampak menggiurkan, seperti seafood platter atau seafood penyetan. Tapi tetep, kami berdua cuma mau makan fish n chips waktu itu.

Fish n Chips (whole)
Rp30.000,-

Jujur ya aku takjub dengan harganya yang CUMA 30 RIBU? WOY LAH. Murah gils. Sewaktu pesanan tiba, aku ngebatin, ‘Halah ini mah paling ntar laper lagi.’ Gataunya emang porsi bikin kenyang gaes, sampe gak habis dan sisanya aku bawa pulang wkwk.


Ya gimana aku gak menghakimi, emang kentangnya cuma seuprit. Eh jangan salah, daging ikannya tuh yang tebal. Makanya bisa bikin kenyang hahaha.

Sayang, rasa ikannya nggak sefantastik yang aku harapkan. B aja, gurihnya sekadar dari bumbu tepung. Filletnya juicy sedikit, nggak selembut dory yang biasa aku makan di tempat lain. Biasanya saking juicy-nya, fillet dory tuh kayak mudah tercacah jadi kecil-kecil. Sementara ini enggak, cenderung padat gitu serat dagingnya.

Kami berasumsi jangan-jangan fillet dory ini nggak fresh gitu (maap ya su’udzon).

Tapi saus cocolnya enaaak! Serius deh walau bukan tipikal herbs mayo, tapi paduan mayo dan kejunya pas. Dikit banget ini mah sausnya kudu nambah.

Coba kalo Fish n Friends nerapin sistem kayak di warung steak. Biarpun steak udah ada berlumur bumbu, tetep disediakan saus sambal/tomat botolan. Soalnya sausnya cuma seiprit, tak cukup. Sementara aku terlalu pelit untuk beli saus keju. :3

Es Cao Milo
Rp12.000,-

Alhamdulillah es cao milo-nya enggak zonk! Manisnya pas, rasa milo masih dominan. Cao-nya pun diserut tipis jadi bisa disedot. Untuk porsi penyajian sih udah sepadan ama harganya.


Sate Cumi
Rp25.000,-

Ini bisa dibilang menu termahal. Karena nggak mengenyangkan sedangkan harganya lebih mahal dari seporsi Fish n Chips (half). Oya ini harganya per tusuk ya gengs, jangan terkecoh ama gambar di daftar menu yang keliatannya banyak.


Entah apa yang bikin mahal, karena cuminya kah? Atau sosisnya? Bumbunya? Proses masaknya?

Buat yang belum paham, sate cumi ini berupa irisan cumi yang tengahnya dikasih sosis. Terus dibakar dan dikasih bumbu. Emang lezat banget kok bumbunya, meresap dan bleberan gitu. Malah sisa bumbu sate cumi ini aku jadiin cocolan fish n chips juga.

Ditebak dari rasanya, sosis yang dipake keknya yang premium. Trus daging cuminya lumayan enak, nggak alot.

Aku akui nggak banyak tempat makan murah di Surabaya yang menyediakan menu fish n chips, bahkan di kalangan café berbujet mahasiswa aku nggak pernah nemu. Jadi menurutku Fish n Friends masih jadi satu-satunya penyedia fish n chips murah di Surabaya.

Daftar menu Fish n Friends
Soal rasa, terlepas dari kesegaran ikannya, termasuk enak dan oke. Terlebih untuk harga segitu ya (belum termasuk pajak 10%), bisa makan fancy dengan bujet terjangkau. Aku sih mau balik makan sini lagi.

Kekurangannya cuma satu: gerah. Tapi nggak bisa protes karena harga makanannya yang murah gaes. Kalo gak mau kepanasan, mending ke sini sorean atau malem trus pilih tempat duduk yang di teras.

Kalo kamu, suka fish n chips juga nggak kayak aku?

Nom nom,
-Hilda Ikka-
*

Fish n Friends
Jl. Kalibokor Selatan no. 86, Surabaya
Buka setiap hari pukul 12.00 – 21.30 WIB
Instagram: @fishandfriends_id

5 comments

  1. Wah enak banget nih Mbak kelihatannya. Apalagi yang sate cumi-cumi ini

    ReplyDelete
  2. Banyak banget nih ya Mbak menu yang ada di rumah makan ini. Harganya juga bersahabat nih

    ReplyDelete
  3. Bikin lapeeer, ayuk kesana lagi 😁😁

    ReplyDelete
  4. Sejujurnya saya pingin nyobain kak. Saya alergi ayama, coklat, kacang, cabai. Hanya sja saya masih anak kosan. Belum cukup duit beli. Sementara beli ikan2 di gang dekat kos dulu.

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya. Maaf untuk link hidup akan otomatis terhapus. :)

I love to read all comments from you all, but sorry if I can't answer all. :)

Sexy Red Lips