[REVIEW] Scarlett Whitening Acne Serum dan Brightly Ever After Serum



Belakangan ini aku jerawatan parah. Sejak era skripsi-an sampe sekarang, wajahku jerawatan mulu. Sebelumnya enggak pernah selama ini kalo jerawatan, biasanya cuma muncul sesekali. Lah sekarang? Nggak ada jerawat baru aja udah syukur.

Perubahan kondisi kulit wajah jelas bikin kelimpungan. Kalo biasanya aku ngelawan jerawat cukup dengan acne spot treatment dan masker, sekarang aku nyelipin acne serum ke skincare routine. Sesuai judulnya, serum wajah yang aku pakai ini dari Scarlett Whitening.

Barangkali ada yang belum tahu, Scarlett Whitening ini brand skincare lokal milik Felicia Angelista dan udah terdaftar di BPOM sehingga aman tentunya. Kamu mungkin lebih familiar ama produk body care Scarlett Whitening yang booming banget itu. Rupanya Scarlett Whitening memperlebar sayap produknya ke serum wajah. 


Scarlett Whitening serum punya 2 varian: Scarlett Acne Serum untuk kulit berminyak & berjerawat, serta Scarlett Brightly Ever After Serum untuk semua jenis kulit.

Kemasan kedua serum ini berupa botol kaca doff isi 15 ml dengan tutup aplikator berbentuk pipet. Bila diperhatikan, tampak mungil namun tetap ‘wah’. Botol kemasan Scarlett Acne Serum bernuansa ungu, sementara Scarlett Brightly Ever After Serum didominasi warna pink.

Review Scarlett Acne Serum


Serum ini diformulasikan 99,9% oil-free, makanya sangat oke dipakai oleh pemiliki kulit berminyak hingga berjerawat. Tekstur produknya pun cair bagaikan air dan berwarna bening, sangat mudah diaplikasikan ke seluruh wajah. Etapi aku pakenya cuma di bagian wajah yang berjerawat sih, hehe.

Scarlett Acne Serum mengandung active ingredients yang bagus untuk mengatasi permasalahan jerawat dan breakout. Bahan-bahannya meliputi:

  • Tea Tree Water
Kandungan Tea Tree dikenal ampuh melawan bakteri penyebab jerawat, mengatasi jerawat, membantu mengurangi bruntusan dan minyak di wajah 

  • Jeju Centella Asiatica
Ekstrak daun pegagan atau Centella Asiatica berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit, mencegah peradangan dan mempercepat penyembuhan luka pada kulit.

  • Vitamin C
Kandungan Vitamin C membantu menghilangkan flek & bekas jerawat, dan mencegah serta melindungi kerusakan sel dan jaringan kulit akibat paparan radikal bebas.

  • Salicylic Acid atau BHA
BHA bermanfaat untuk meredakan peradangan yang terjadi saat jerawat muncul dan mengangkat kotoran penyumbat pori pori yang berpotensi menjadi komedo.

  • Liquorice Extract
Melindungi kulit dari pada paparan sinar matahari, mencegah hiperpigmentasi dan menyerap kelebihan minyak di wajah.

Review Scarlett Brightly Ever After Serum


Secara tekstur, serum ini sama cairnya dengan acne serum. Yang membedakan, serum ini terlihat lebih kental dan agak keruh dibandingkan acne serum. Selain itu, ada aroma samar. Nggak begitu jelas aroma apa, tapi nggak mengganggu sama sekali kok.

Scarlett Brightly Ever After Serum mengandung active ingredients yang baik untuk mencerahkan kulit. Bahan-bahannya meliputi:

  • Niacinamide
Kandungan satu ini amat populer untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam.

  • Lavender Water
Nggak cuma untuk aromaterapi, Lavender rupanya baik untuk mencegah jerawat dan mengatasi peradangan pada kulit.

  • Phyto Whitening
Mencerahkan wajah dalam waktu singkat tanpa menyebabkan iritasi

  • Glutathione
Kandungan ini juga ada di produk body care Scarlett Whitening lho! Gunanya untuk meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit, membuat kulit lebih sehat dan terlihat glowing.

  • Vitamin C
Sebagai antioksidan dan membantu menghilangkan flek & bekas jerawat.

Hasil pemakaian:

Sebelumnya aku mau jelasin kondisi kulitku ya. Awalnya jenis kulitku kombinasi normal-berminyak. Jerawatan kadang-kadang, biasanya menjelang mens. Beruntusan biasanya karena bolos skincare-an atau gak cocok ama suatu produk.

Nah keknya udah hampir 3 bulan kondisi kulitku tiada hari tanpa jerawat. Jumlahnya pun gak sedikit dan ukurannya mayan gede. Jenisnya campur sih, ada yang bisa matang sampe meletus dan ada yang kayak benjolan (gak bisa meletus) tapi kalo kesentuh duh sakittttt.

Mulanya ya aku atasin pake skincare routine biasanya, tapi kok hampir gak ada perubahan. Kalau pun ada, lambaaaat banget. Sampe mood jelek hampir tiap hari karena kesakitan sewaktu jerawat kesentuh.

Aku fokus pakai Scarlett Acne Serum di minggu pertama. Lumayan kelihatan hasilnya, dia bikin jerawatku lebih cepat mateng atau kempes. Di minggu kedua aku mulai mengkombinasikan pemakaian kedua serum ini. Setelah beneran kempes dan menyisakan bekas, aku aplikasiin Scarlett Brightly Ever After Serum.

Aku pakai di skincare routine pagi dan sore. 


Untuk progress secara keseluruhan, hasilnya memang belum signifikan. Sampai sekarang masih tumbuh jerawat baru. Namun aku nggak merasa ‘nggak cocok’ dengan produknya. Selama pemakaian, nggak ada kemunculan breakout atau perubahan kondisi kulit mendadak.

Justru kalau aku perhatikan, jerawat yang tumbuh lokasinya di situ-situ aja, gak merambah ke area lain seperti dahi (area paling steril dari jerawat LOL). Terus kulit wajahku terlihat lebih glowing dan nggak sekucel sebelumnya. Definisi berjerawat tapi tetep glowing.

Aku curiga ada faktor lain yang menghambat keefektifan serum ini. Pertama, aku lagi mengalami kekacauan jam biologis di mana aku lebih sering terjaga di malam hari dan tidur di pagi-siang hari. Kalo aku inget-inget, kebiasaan begadang emang memicu problem jerawat di aku. Hiks, aku lagi berusaha memperbaiki kok, doakan ya manteman. :’

Kedua, cuaca di Surabaya lagi panas dan sumuk pol! Tentu saja kondisi ini membuatku lebih sering keringetan. Nah kalo keringetan, skincare yang udah aku aplikasiin di wajah tuh berasa kek ngambang (?). Apa ya, semacam gak nempel langsung di kulit. :(

Padahal kalo lihat review orang lain, banyak banget yang cocok dan progress-nya cepet. Yah, balik lagi ke skincare rules, setiap orang kondisinya beda dan hasilnya pun bakal beda. 


Kalo menurutku sih, produk ini tetep layak dicoba. Lagipula serum Scarlett Whitening harganya terjangkau, cuma 75.000 rupiah. Kamu bisa beli di Scarlett Whitening Shopee Official ya.

Thanks for reading 💖
-Hilda Ikka-

1 comment

  1. Baru mau tanya di Twitter di mana belinya. Hahaha. Ternyata ada link ke akun Shopee-nya. Makasih reviewnya, kayaknya perlu nyoba Brightly.

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya. Untuk saat ini, komentar saya moderasi dulu ya. Saya suka baca komentar kalian namun mohon maaf saya tidak selalu dapat membalasnya. Untuk berinteraksi atau butuh jawaban cepat, sapa saya di Twitter @newHildaIkka saja!

Sexy Red Lips