Rekomendasi Board Game Seru untuk Mengisi Liburan Sekolah

Sunday, December 11, 2022


Halo semua! Sejak berbagi rekomendasi board game seru untuk anak-anak dan keluarga, beberapa kali aku mendapat respon dari orang-orang yang tampak tertarik. Yang terbaru, ada temen nanya rekomendasi board game untuk anak-anak seusia sekolah dasar yang sekiranya seru untuk dimainkan saat liburan sekolah. Biar emaknya kagak pusing liat anak-anak main gadget melulu. 😂

Sebenernya di postingan rekomendasi board game sebelumnya sudah cukup menjawab pertanyaan si penanya. Namun aku punya rekomendasi baru nih yang beberapa di antaranya lebih seru! Jadi sayang banget kalo informasinya enggak aku bagikan di sini, hehe.

Bagi yang butuh rekomendasi board game seru untuk anak-anak mengisi liburan sekolah, simak sampai habis ya!

Katamino Family



Age: mulai dari 3 – 10 tahun
Player: 1 – 2 pemain

Ini dia board game rekomendasi andalanku yang menurutku sangat worth untuk dibeli. Jangankan anak-anak, aku yang udah dewasa aja demen banget main ini, hahaha. Selain bagus untuk mengasah otak, permainan ini menurutku cukup long-lasting alias enggak bosan untuk dimainkan berulang kali.

Katamino Family pada dasarnya adalah wooden puzzle game dengan 3 mode permainan. Pertama, kita mengisi board space dengan kepingan puzzle yang mengingatkanku dengan permainan tetris. Kedua, kita bisa membuat 3D construction seperti kubus. Ketiga, kita dapat bermain balancing game dengan menumpuk bongkahan puzzle-nya hingga menyerupai tower.

Katamino Family dapat dimainkan seorang diri maupun berdua (duel).

Untuk bermain dalam mode puzzle, anak-anak bisa bermain bersama orang dewasa lho. Tingkat kesulitan anak-anak dan orang dewasa dibedakan dalam kartu-kartu tantangan. Board game Katamino Family ini dilengkapi buku panduan yang menjelaskan secara detail dan lengkap, jadi kamu bakal merasa mudah dalam mempelajarinya (asalkan paham bahasa Inggris).

Slide Quest


Age: 7 tahun ke atas
Player: 1 – 4 pemain

Slide Quest ini merupakan board game sederhana yang mengusung konsep teamwork. Cara bermainnya sangat sederhana, kita tinggal menggerak-gerakkan papan di setiap sisi untuk menggerakkan pion. Setiap pemain harus bekerjasama untuk menyelesaikan misi ‘meluncurkan’ pion ke titik yang telah ditentukan. Simple kan? Tapi lumayan bikin histeris lho saat bermain, wkwk.

Ticket to Ride


Age: 8 tahun ke atas
Player: 2 – 5 pemain

Ticket to Ride ini menurutku board game yang cukup santai dan menyenangkan untuk dimainkan sekaligus bagus untuk melatih menyusun strategi. Misi dari permainan ini adalah menyusun rute kereta api yang menyambungkan 2 stasiun tertentu berdasarkan kartu misi yang didapat. Pemain yang memiliki rute perjalanan terpanjang tanpa putus akan mendapat bonus poin di akhir permainan.

Oh ya, Ticket to Ride ini ada 2 versi. Versi klasik berukuran besar dan membutuhkan waktu lama untuk bermain. Versi mini berukuran lebih kecil dan lebih cocok untuk anak-anak karena durasi bermainnya lebih singkat dibandingkan dengan yang klasik. Namun untuk versi mini, miniatur kendaraannya berupa taksi, bukan kereta api. 😀

Get Packing


Age: 6 tahun ke atas
Player: 2 – 4 pemain

Another puzzle board game! Bedanya, Get Packing ini menyusun isi koper yang gimana caranya itu harus muat seluruhnya sampai koper dapat ditutup dengan sempurna tanpa harus dipaksakan. 😁 Permainan ini cocok sekali bagi anak yang berjiwa kompetitif, haha.

Oke deh segitu dulu rekomendasinya. Semoga ada yang nyantol dan cocok di hati ya. Selamat menghabiskan waktu bersama anak-anak di masa liburan sekolah! See you on the next post. 👋

Much love,
-Hilda Ikka-

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya. Untuk saat ini, komentar saya moderasi dulu ya. Saya suka baca komentar kalian namun mohon maaf saya tidak selalu dapat membalasnya. Untuk berinteraksi atau butuh jawaban cepat, sapa saya di Twitter @hildaikka_ saja!